Header Ads

TIPS MEMBUAT BLOG

blogger merupakan panggilan bagi pengguna internet yang aktifitas dan intensitasnya dalam ngurusi blog yang dia buat. dari ngurusin layout template, content blognya, aksesoriesnya, dan terakhir yang paling penting adalah SEO (Serach Enggine Optimizion) hehehe.. bener gak yuaww.. teuing ah..

pokoknya yang suka berinternet gak mungkinlah dia gak punya blog. ibaratnya kalo dikehidupan nyata blog itu adalah rumah... dan email adalah KTP nya.. so mungkin bagi sobat-sobat saya pengen tanya.. pernah tidak kita daftar pada suatu situs web tanpa memberitahukan email kita??? pasti gak pernah... setiap situs web yang kita masuki pasti akan meminta email kita. begitu juga blog ibaratnya adalah rumah kita. kalo kita nyari temen di internet dan ketemu dengan orang di belahan dunia lain gak mungkin kan kita akan maen ke rumah sebenarnya begitu juga teman kita gak mungkin maen ke rumah kita yang sebenarnya. naaahhh.... disinilah peran fungsi blog dalam pergaulan dunia maya.. kita bisa mengajak mereka untuk maen di rumah kita. tapi kalo kita punya blog kalo gak... yo mampir ae ke FS or FB kan bisa...? iya tapi tidak seperti blog dalam hal kebebasan mendesain dan memodifikasi rumah kita agar terlihat bagus, indah, n user friendly.. nah,, masalah conten blog or isi tergantung tujuan kita waktu buat blog.... :D apakah mau sebagai rumah kita yang sebenernya, artinya kita isi semau kita baik itu unek-unek, cerita pengalaman, foto, dll tentang semua diri kita or kita juga bisa latihan menulis cerita karangan kita.. nah loh.. yups gak ada yang larang kok terserah kita mau berkretifitas apa.

berbeda lagi ketika kita buat blog kita sebagai tempat berbisnis... or kantor kita di dunia maya... yups kita bisa jual apa saja tentang apa yang anda punya bisnis.. jual pulsa kek, komputer kek, kaos kek, aksesories kek, software kek, yang penting jangan jual diri saja wkwkwkwkwkw....

nah ada tips sebelum anda buat blog. sekedar berbagi yang saya ketahui saja. kalo salah or kurang tolong di tambahkan.
1. sebelum membuat blog kita harus tau karakter masing2 dari penyedia layanan blog gratis ini contoh: Wordpress, Bloggspot, multiply, friendster, dll caranya ya tanya2 donk sama temen anda yang sudah punya blog. or tanya ma temen dunia maya anda giituuu.. jangan hanya chating ngomong ngalor ngidul ora karuan hehehe :D

2. nah yang ini wajib hukum nya anda harus buat email terlebih dahulu minimal 2 email. yaitu email dari yahoo dan email dari google mail (gmail). loh kenapa? kan udah dijelasin di atas.. apa fungsi email.. nah khusus untuk buat blog di blogspot anda harus punya account gmail dulu coz tanpa itu anda tidak akan bisa buat blog di bloggspot.com inget ya wajib.... (hihihi.. kaya sholat 5 waktu aja..)

3. saran yang ketiga ini saya sarankan kalo anda seorang pemula or newby pilih buat blog di blogger aja ya.. coz menurut saya lebih mudah dari WP untuk customisasi or modifikasinya.. materinya buanyyyaaakkk banget di internet jadi gak sulit untuk belajarnya... nah kalo anda udah bisa customisasi blog di bloggspot monggo kalo mo nyobain WP.. trus rasakan kelebihan n kelemhannya tul gak flen..>>> ??

4. jangan lupa hal paling penting adalah sebelum anda mulai ng-blog jangan lupa pilih template yang sesuai dengan tujuan anda nge-blog tadi... jangan hanya melihat dari sisi desain aja.. tapi juga sisi kemudahan memodifikasi dan sisi SEO nya... hehehe.. gaya banget gue ngomongin SEO ssttt... rahasia ya ane gak tau SEO itu apa..? gue ngomong ini biar keerreeeennn aja.. hehehehe..
seperti tadi yang saya bilang kalo anda buat blog sekedar untuk tempat berkeluh kesah dan bercurhat ria carilah template blog yang sesuai dengan rasa seni anda.. ciee.. begitu juga kalo anda buat blog supaya bisa menghasilkan tambahan pengahsilan ke kantong anda jangan lupa pilih template yang SEO friendly gitu... biar cepet terindex dengan baik oleh web browser kayak OM Google or Bibi Yahoo.. juga supaya blog bisnis anda berjalan dengan baik dlammemberikan penghasilan.. cara supaya bisa tahunya pemilihan template seo friendly... kita harus mengadakan penelitian bersama Om Google.. klik sana.. baca sini.. tanya sana tanya sini.. gitu.. donlot template di sana dan donlot template di situ... kalo udah lengkap referensi template kita baru deh cobai setiap template trus putuskan mau make yang mana... hihihi.. cape cape deh lu..

5. baru deh kita mulai nge-blog.. buat postingan yang bener ya.. dan modifikasi sesuai selera anda.. awas jangan mosting yang hot or yang serem2 ya...

OK deh.. disambung lagi.. pada TIPS blogging lainya... yuu dada baybay

2 komentar:

  1. setuju om..untuk mencari penghasilan di dunia online blog yang kita bikin harus SEO friendly . salam kenal .

    Andri

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.