Header Ads

MEMBANGUN IMAGE PERUSAHAAN I


pernahkah anda mencoba membuka sebuah usaha?
walaupun belum mungkin kita pernah mendengar bahwa merintis sebuah usaha sangatlah tidak mudah. hal ini di karenakan banyak sekali variable yang mempengaruhi jalannya usaha tersebut. seperti: pengetahuan akan usaha yang di geluti, methode pengelolaan (termasuk di dalamnya sistem administrasi), tersedianya sumber tenaga kerja yang kapable, pengetahuan manajemen, unsur keberuntungan, dan berbagai macam pengaruh eksternal lain. dan yang paling penting adalah Modal dan Methode yang di gunakan.

selain pengaruh eksternal di atas, termasuk juga tidak kalah penting adalah pengaruh internal, baik internal perusahaan maupun internal pemilik atau pengelolanya.

dalam hal ini saya batasi pembahasan di lihat dari kacamata orang manajemen seperti saya: bisa di katakan merupakan asumsi pribadi yang di pengaruhi pengetahuan dr bangku kuliah dan pengalaman merintis sebuah usaha :


dalam teori managemen pembangunan image perusahaan (pencitraan) merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari pemasaran, dimana usaha-usaha yang dilakukan oleh tim pemasaran haruslah berkesinambungan dalam hal pengenalan perusahaan beserta produk2nya, baik melalui iklan, doktrin langsung ke konsumen, dan berbagai cara lainnya. hal ini pun harus di dukung semua staff perusaan. Citra perusahaan tidak bisa direkayasa. Artinya citra akan datang dengan sendirinya dari upaya yang kita tempuh sehingga komunikasi dan keterbukaan perusahaan merupakan salah satu factor utama untuk mendapat citra perusahaan yang positif . hal ini memerlukan proses yang panjang dan selalu belajar dari pengalaman-pengalaman dalam melayani pengguna produk atau jasa kita.

Berdasarkan riset yang dilakukan Frontier Marketing & Research Consultant ada tiga perusahaan yang berhasil menggondol penghargaan sebagai perusahaan yang mampu membangun corporate image. Yaitu PT Indofood Sukses Makmur terpilih sebagai The best sosial responsibility (perusahaan paling professional) dan The best innovative (perusahaan paling inovatif), PT Astra International terpilih sebagai The most professionally managed (perusahaan paling profesional) dan PT Telkom terpilih sebagai The most trusted (perusahaan paling dipercaya).

pembangunan image perusahaan biasanya di masukan dalam visi misi perusahaan dan beberapa hal penting lain, seperti dibawah ini :

Logo Perusahaan
Citra atau Image perusahaan Anda bergantung pada bagaimana kesan orang terhadap usaha Anda, hal ini merupakan identitas merek Anda. Pelanggan dan klien potensial Anda dapat merasakan kesan tersebut melalui warna, gambar, logo, dan keseluruhan kesan dari komunikasi Anda kepada mereka. Kenyataannya, kebanyakan orang membentuk suatu pendapat mengenai suatu perusahaan dari penampilan mereka, bukan dari apa yang mereka katakan.
Identitas merek yang paling kuat berasal dari perusahaan yang secara konsisten dapat menjaga penampilan dan apa yang mereka katakan. Kedengarannya mudah, tetapi sering kali tidak.

contoh:
Perubahan citra telkom diawali pada tahun 1991 saat dilakukan perubahan logo. Dengan logo baru kombinasi warna biru muda dan biru, manajemen perusahaan berbuat lebih baik lagi. Saat itu dimulai semangat kerja baru dan mengubah pola pikir birokrat menjadi entrepreneur.
Misalnya pelayanan sambungan cukup melalui outlet Telkom tidak perlu mendapat persetujuan dari kepala kantor selain itu pengelolaan manajemen jaringan pelayanan Telkom dan kantor pelayanan sentral disatukan kalau sebelumnya terpisah.

Memahami Sasaran Pasar
Cara terbaik untuk memahami sasaran Anda adalah dengan membuat profil sasaran. Profil sasaran terdiri dari semua informasi berguna yang perlu diketahui tentang orang yang ingin Anda raih.

Salah satu rangkaian informasi yang penting adalah demografi. Informasi demografi yang Anda kumpulkan ditentukan oleh jenis produk yang Anda jual atau layanan yang Anda berikan, tetapi yang menjadi dasar biasanya sama; umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan pendidikan. Anda juga perlu untuk memikirkan apakah anggota sasaran Anda masih lajang atau telah menikah, telah memiliki keturunan atau belum.

Astra berusaha memberikan produk serta jasa berkwalitas dan berorientasi pada pelanggannya disamping memiliki team work yang kompak dan komunikatif dalam perusahaan yang memungkinkannya bisa memberikan feedback secara cepat, bijaksana dan transparan. Citra perusahaan Astra dipengaruhi oleh sinergi jajaran staf perusahaan dalam menjalankan roda bisnis.
Kiat lain Astra lainnya adalah dengan membentuk tim khusus yang memfokuskan diri pada masalah. Selain itu jajaran staf didorong untuk memliki sense of crisis serta memperkuat networking perusahaan.

Perlu diingat citra merupakan hasil dari penilaian atas sejumlah atribut, tetapi citra bukanlah penilaian itu sendiri. Mengapa demikian? Karena citra adalah kesan masyarakat yang paling menonjol dari suatu objek. Karena itu kita harus mengukur semua dimensi yang oleh audiens dipakai dan diolah dalam menciptakan citra.

Menghabiskan waktu pada image usaha Anda merupakan langkah yang penting saat memasarkan produk dan Jasa Anda. Dengan memastikan bahwa Anda telah memasarkan image yang benar kepada sasaran Anda, Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha pemasaran Anda.


membahas image perusahaan merupakan bahasan yang sangat luas dan menyeluruh dalam stiap aspek dan bidang pada sbuah perusahaan. dengan memaksimalkan semua sumber daya yang di miliki sbuah perusahaan, baik Bidang Produksi, financial, SDM, dan sumber daya-sumber daya yang lainnya.

referensi :

  1. http://h50140.www5.hp.com
  2. http://henkynjotowidjaja.com
  3. philip khotler, "dasar-dasar manajemen"

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.