Header Ads

INSTALL Windows XP

windows XP
Dalam troubleshhoting komputer, masalah pada software lebih banyak persentasinya daripada masalah hardware, apakah itu terkena virus, worm, spyware, trojan, dan kutu-kutu komputer lainya. hal ini merupakan konsweksi dari penggunaan OS winduws yang katanya banyak BUG nya. bagi yang menggunakan OS windows asli mungkin bisa segera meng-update security langsung via windows update, nah bagaimana dengan yang menggunakan windows versi "not genuine"??? agak ribet karena harus men-download dulu security update yang terbarunya. sebuah dilematis tersendiri tentunya, walaupun banyak cara untuk menghalau sekian banyak virus yang bertebaran, baik virus lokal maupun virus impor, tetep saja sebagus apapun antivirus anda akan tetep aja ada celah "BUG" yang akan selalu dimanfaatkan oleh para virus maker untuk meng-eksploitasi celah tersebut.

solusi yang paling di jamin tok cer setelah windows kita terkena yang kaya begituan ya tentunya dengan instal ulang OS XP kita, baru kemudian kita melakukan update security pack via download tadi dan juga melakukan scan dengan anti virus kesayangan anda. disini saya akan membahas bagaimana cara instal ulang XP cara konvensional, (cara biasa). meskipun banyak cara untuk melakukan proses mengembalikan OS windows ini, apakah dengan melakukan restore GHOST, recovery via CD recovery bawaan (for laptop), dan berbagai cara lain yang menawarkan kecepatan dalam mengembalikan OS yang kena virus tadi.

catatan: menghilangkan virus dan saudaranya tanpa melakukan instal ulang membutuhkan skill tersendiri dan riset terhadap cara virus kerja virus tersebut.

INSTALL OS XP


  • Siapkan CD Windows XP dan Serial Number
  • Siapkan CD Driver Motherboard
  • Pastikan computer Anda sudah disetting untuk booting dari CD ROM, kalau belum, silakan ubah melalui BIOS
  • Boot komputer anda dan masukkan CD Windows XP
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "Press any key to boot from CD" di layar monitor anda. lalu tekan sembarang tombol pada keyboard anda.



Selanjutnya proses instalasi akan mengecek konfigurasi hardware KOMPUTER anda
dan Akan muncul tulisan "Windows Setup" di bagian kiri atas layar yang berwarna biru.

File-file yang ada di CD ROM akan diload ke dalam memori selama proses
instalasi ini. Selanjutnya layar "Welcome To Set Up Windows" akan tampil.


Tekan "ENTER" untuk menginstall WINDOWS XP

Selanjutnya akan muncul EULA (End User License Aggrement). Silakan baca dulu dan tekan "F8" jika anda setuju. Atau tekan ESC jika tidak setuju dengan isinya


Jika Anda setuju, selanjutnya proses instalasi akan mencari dan membaca partisi harddisk anda



disini ditampilkan cuma ada 1 partisi, yaitu drive c, mungkin berbeda ketika anda mengisntal komputer anda, kalau hardisk anda dipartisi 2 maka partisi akan terbaca 2, dan seterusnya. kemudian anda lakukan format drive dimana anda akan meletakan file-file instalasi windows anda, umumnya ada pada drive c, tapi bukan berarti tidak boleh di drive lain. saya kadang meletakan folder windows ini di drive D atau drive khusus selain bisa E, F, dsb. hal ini bisa dijadikan tindakan preventif untuk menghindari virus yang mengincar folder windows anda yang umumnya berada pada drive c.
untuk melakukan format disarankan memilih opsi quick dengan file system NTFS untuk mempercepat proses format tersebut, apalagi bagi yang menggunakan hardisk yang berukuran besar. hal ini akan mempengaruhi lama cepatnya proses instal ulang XP ini, karena bagaimanapun menunggu adalah pekerjaan yang membosankan.

setelah proses format dilanjutkan dengan proses peng-copyan semua file-file yang dibutuhkan pada folder windows. setelah proses copy selesai proses instalasi akan melakukan restart komputer anda. biarkan saja sampai kemudian komputer nyala lagi dan melanjutkan proses instalasi pada tahap tampilan grafis. perlu di ingat, ketika muncul tulisan "Press any key to boot from CD" anda jangan menekan tombol apapun karena hal ini akan mengulang proses instalasi dari awal lagi. :D biarkan hingga muncul proses instalasi tahap grafis



Selama proses itu berlangsung, akan muncul beberapa Window untuk konfigurasi. Yang pertama adalah Regional and Language Options.



Click tombol "Customize" untuk memilih Negara, bahasa dan lainnya. Jika sudah, tekan OK. Pilih Next. Kemudian Windows akan menanyakan nama dan organisasi Anda. isi sesuai keinginan anda, kemudian pilih "Next"

Selanjutkan anda akan diminta untuk memasukkan serial number. Isilah dengan serial number yang anda miliki. atau bisa gunakan serial ini : 7QVT6-T2738-WRKJB-YKRFQ-XVK98 sekedar catatan serial ini aku pakai dari XP full release, XP SP1, XP SP2 dan XP SP3.



Selanjutnya akan muncul tampilan layar Computer and Administrator Password
masukkan nama computer, dan password untuk user administrator. Selanjutnya tekan Next disarankan untuk menggunakan password, meskipun tidak menggunakan password pun tidak masalah. password digunakan ketika anda log in sebagai super user. (hak akses sepenuhnya terhadap system komputer)



Kemudian akan muncul layar Date and Time Setting. sesuaikan dengan tanggal dan jam sesuai dengan jam di daerah anda :P
Kemudian tentukan juga TimeZone anda. Ket: Untuk Jakarta pilih GMT+07 klik Next untuk melajutkan

Selanjutnya Windows akan menginstall jaringan (Installing Network) untuk KOMPUTER anda, bila driver network anda terdeteksi oleh windows anda akan muncul jendela konfigurasi "Workgroup or Computer Domain". Jika computer anda terhubung dengan sebuah domain, masukkan nama domainnya. Atau jika computer anda stand alone,langsung pilih Next untuk mempersingkat waktu instalasi.



Proses instalasi akan selesai. Masuk ke tahap "Finalizing Installation", di mana Windows akan menginstall Start menu icons, meregister component, menyimpan setting dan terakhir membuang semua file temporary yang tadi digunakan. Setelah itu Windows akan merestart KOMPUTER anda lagi.

Akan terlihat layar logo Windows dan kemudian Windows akan mengatur resolusi monitor anda. Klik OK untuk menyetujui

Windows akan menerima settingan komputer anda (apply the computer setting). Silakan tunggu beberapa saat. Tampilan "Welcome to Microsoft Windows" akan tampil.



Klik Next untuk melanjutkan. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengaktifkan firewall dan update otomatis, kalo windows anda tidak asli pilih "Not Right Now" lalu klik Next untuk melajutkan.

Selanjutnya Windows akan menanyakan siapa saja yang akan menggunakan computer anda. Masukkan nama user. Contoh : Wong Cirebon (sekedar contoh loh :P) setelah mengisi user pilih dan klik Next

Selanjutnya akan muncul ucapan "Thank You" dan juga "Welcome" ramah banget ya microsoft ini, tapi sayang ramahnya sampe ke virus-virus pun ngucapin WELCOME.. weleh..weleh.. :P cape dweehh...

setelah proses ramah tama selesai akan muncul desktop windwos yang tentunya tidak asing lagi bagi kita pengguna windows XP.. :P



sampai disini anda sudah berhasil melakukan instalasi windows XP anda, segeralah update dengan pacth security yang terbaru, kemudian sebelum anda instal driver dan aplikasi, disable fitur system restore lalu instal antivirus update terbaru kesayangan anda dan jalankan scan pada drive lain anda (D, E, dsb) untuk membasmi virus-virus yang anda benci :P,

kalo aku masih demen sama antivirus Avast dengan fitur scan safemode nya (scan restart)untuk proteksi dari virus impor, sedangkan untuk virus lokal aku gunain SmadAV dan PCMedia Antivirus untuk anti virus lokal.

Avast Download : klik disini full SN
SmadAV Download : klik disini versi free
PCmav Download: klik disini

1 komentar:

  1. Bismillah....
    piet mampir perdana disini bang...
    kunjungan sesama PESERTA DJARUM BLACK VOL.2
    salam kenal bang,
    ditgu jejak baliknya di gubuk piet...
    ^__*

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.