Header Ads

Mentalitas Pengusaha atau Karyawan


Di dunia kerja, kita menemukan dua posisi kerja yang berbeda yaitu posisi sebagai pengusaha dan karyawan. Dan kebanyakan orang pada kedua posisi tersebut memiliki cara pandang dan pemecahan masalah yang berbeda alias memiliki mentalitas yang berbeda.

Mentalitas seorang pengusaha diakui banyak orang memang berbeda dengan mentalitas seorang karyawan. Itulah sebabnya seorang tipikal karyawan akan menghadapi tantangan terbesar bila hendak beranjak dari posisi karyawan, menjalankan entrepreneurship dan menjadi pengusaha. Tetapi apakah mentalitas tipikal karyawan memang secara alami bertentangan dengan mentalitas pengusaha ?

Sebenarnya bila kita bercermin pada banyak perusahaan besar yang sudah mengakar, kita banyak menemui banyak karyawan teladan yang berhasil dalam jenjang karirnya dan berhasil pula dalam kehidupan sosial dan finansialnya. Dan sebenarnya karyawan-karyawan yang berprestasi tersebut justru memiliki mentalitas pengusaha. Mereka adalah karyawan yang bermentalitas pengusaha. Apakah ciri-ciri karyawan yang bermentalitas pengusaha ?


  1. Mereka biasanya memiliki kemampuan lebih dari satu bidang. Dan mereka punya kemauan untuk belajar di berbagai bidang. Sebagai karyawan mereka memiliki kemauan untuk belajar segala aspek di mana perusahaan tempat mereka bekerja terlibat.
  2. Mereka pada umumnya royal dalam memberikan dirinya dan kemampuan dirinya bagi teman sekerja, atasan dan perusahaan. Mereka adalah karyawan yang tidak pernah mengukur dan menghitung jam kerja dan apa yang bisa mereka lakukan untuk perusahaan.
  3. Mereka terus menerus berusaha mengembangkan kemampuan diri mereka sendiri. Proses belajar bagi mereka adalah proses tanpa akhir.
  4. Mereka memiliki kemampuan untuk mengelola emosi mereka dengan baik. Mampu untuk mengendalikan emosi yang merusak kemampuan bekerja dan sebaliknya mampu untuk membangkitkan emosi yang mendorong semangat kerja.
  5. Mereka mampu memotivasi diri mereka sendiri untuk bekerja lebih baik dan mencapai target yang lebih tinggi.
  6. Mereka mengutamakan kerjasama dalam tim dan berusaha untuk mengembangkan hubungan kerja yang saling menguatkan dalam pencapaian prestasi kerja.
  7. Mereka semua memiliki ciri-ciri yang sama yaitu perusahaan lebih tergantung pada mereka daripada mereka tergantung pada perusahaan.

Apakah anda memilikinya ?

sumber : http://cbsantoso.blogdetik.com/

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.