Header Ads

Jasa Marga Online Test (tips Koneksi Sukses)

Hari ini adalah hari pertama Jasa Marga melalui PPM-Rekrutment melakukan Online test untuk proses seleksi penerimaan karyawan. Online Test ini termasuk kategori perekrutan menggunakan teknologi internet. jelas ini akan memberikan beberapa manfaat yaitu :
  1. hasil seleksi lebih akurat karena hasil jawaban akan otomatis tersimpan d dalam database server perekrutan dan panitia tinggal melihat hasil test per peserta.
  2. lebih efesien, karena tidak memerlukan tempat, panitia yang bayak dan tentu biaya lebih sedikit
  3. bagi peserta akan memberikan keuntungan dengan ujian dalam keadaan suasana yg lebih kondusif sehingga peserta seleksi lebih bisa fokus dan berfikir tenang
  4. pesrta lebih bisa mempersiapkan dalam menghadapi saat test nanti dan bisa serilex mungkin dalam menghadapi ujian test, sambil ngopi, ngeroko, makan cemilan dan lain sehingga akan lebih maksimal dalam mengeskplorasi otak mereka.
Namun sayang hal ini tidak di dukung dengan sarana infrastruktur yang memadai, terutama kemampuan server dalam menanggapi pengunjung dari peserta test yang mungkin jumlahnya mencapai ribuan. hal ini di buktikan dengan ketidakmampuan server panitia proses seleksi sehingga server mengalami stack. sehingga server test online tersebut  tidak bisa di akses selama berjam-jam bahkan sampai waktu test sudah berakhir server tersebut masih belum bisa di buka. SANGAT DI SAYANGKAN!!  ide yang sangat brilian dengan menggunakan test seleksi penerimaan karyawan menjadi permasalahan baru panitian. terlihat mereka kurang mempersiapkan permasalhan yang muncul. harus kalau mereka profesional sudah bisa mengantisipasi hal demikian. 
 hal ini terlihat semakin parah ketika diketahui bahwa panitia seleksi menggunakan server website milik kementrian perikanan dan kelautan republik indonesia, menurut saya hal ini sangat tidak profesional karena untuk melaksanakan test seleksi penerimaan online sudah seharusnya pihak panitia menggunakan server tersendiri yang khusus untuk proses seleksi. dan satu hal lagi yang tidak bijaksana adalah mereka (panitia PPM-rekrutmen Jasa Marga) menggunakan server yang terletak di Amerika hal ini terlihat dari IP Adress website tersebut padahal peserta seleksi berasal dari indonesia. sangat memperihatinkan melihat negera kita memiliki sedikit bandwith internasional. 


kesimpulanya adalah : proses seleksi online ternyata masih belum memberikan solusi bagi proses seleksi penerimaan karyawan bagi perusahaan yang di minati para pencari kerja termasuk SAYA :)
sehingga hal ini memberikan kesan apakah proses seleksi ini di seting demikian supaya peserta yang lolos seleksi adalah orang-orang yang sudah melalui jalur "khusus". wa allahu 'alam bisowab tapi yang jelas ini menimbulkan keresahan dan kemarahan bagi para peserta test seperti dalam forum kaskus.


harapan saya pribadi apabila dikemudian hari ada proses seleksi penerimaan secara online benar-benar menggunakan infrastruktur yang memadai karena bagaimanapun proses seleksi secara online banyak memberikan manfaat dan kemudahan. 


tips : saya sendiri selama proses ujian test online ini sudah melakukan berbagai cara yang saya ketahui, seperti menggunakan koneksi speedy upto 3 mbps (sampe nyarter warnet 1 jam), menggunkan VPN, Tunneling, bahkan sampai proxy amerika US, semua tidak membuahkan hasil. tetep saja website PPM-Rekrutmen Jasa Marga tidak bisa di buka, dan akhirnya Saya Pasrah dan mengirimkan email komlplen ke panitia seleksi tersebut.

Jujur : Kesel, Jengkel, Marah bin GONDOK setengah mati :)


silahkan yang punya tips Post di komentar :)

4 komentar:

  1. saya mengalami hal yang sama.. saya kirim email tidak bisa terkirim, saya hubungi call center pun tidak bisa...

    BalasHapus
  2. Sama.. berharap jasamarga memberikan jalan keluar yang tidak mengecewakan. Saya dan teman-teman semuanya sudah menyediakan waktu dan dana untuk melakukan tes online ini, namun pihak jasamarga belum memaksimalkan fasilitas. Sangat disayangkan karena sudah memberikan harapan kepada banyak orang,,,, Sungguh kelewatan.

    BalasHapus
  3. Proses seleksi online ini sangat mengecewakan,lebih baik tdk usah online kalau belum mampu memfasilitasinya...
    cthnya saya "
    Dijadwalkan ujian tgl 30 Nov 2011 jam 11.00-17.00 WIB, tapi ketika diakses linknya tidak bisa dan muncul pesan
    Batch anda belum dimulai, akan dimulai tgl 05 Des 2011 jam 11.00 am s/d 30 Nov 2011 jam 11.00 pm
    apa gak salah tuh waktu???

    BalasHapus
  4. saya juga mengalami hal yang sama,dijadwalkan untuk tes jam 11.00-17.00 tp baru bisa diakses jam 14.00 sempat sih ngerjain tesnya tapi waktu yg diberikan gak jelas dan ketika waktu habis tidak ada keterangan apa2 yang ada hanya tombol log out. padahal dalam petunjuk pengerjaan ada 5 macam subtes dan tiap subtes punya batas waktu t'tentu.
    niatnya sih mau computerisasi supaya terlihat lebih modern dan mengikuti perkembangan teknologi,tapi memang bangsa kita belum siap secara keseluruhan untuk melakukan hal tersebut, tadinya mau praktis tapi malah lebih ribet dari pada proses seleksi secara manual...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.